Press "Enter" to skip to content

Polres Padang Panjang Rilis Jumlah Kasus Selama 2023, Kapolres : Kasus Tipidum Naik 42 Persen,laka lantas Turun.

Polres Padang Panjang Rilis Jumlah Kasus Selama 2023, Kapolres : Kasus Tipidum Naik 42 Persen,laka lantas Turun

 

 

Jumlah kasus Tindak Pidana Umum di wilayah hukum polres Padang Panjang yang membawahi kota Padang Panjang dan 3 kecamatan di kabupaten Tanah Datar (Kecamatan Batipuh, X Koto, dan Batipuh Selatan) antara tahun 2022 hingga tahun 2023 mengalami kenaikan.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto, SIK saat memimpin konferensi pers (Konpers) di Mapolres setempat, Minggu (31/12/2023).

 

Dipaparkan oleh Kapolres, jumlah kasus Tipidum pada tahun 2023 berjumlah 224 kasus yang didominasi kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) 46 kasus (naik) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) turun menjadi 12 kasus.

 

Jumlah tersebut mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan tahun 2022 lalu yang berjumlah 156 kasus yang juga didominasi oleh kasus Curat 29 kasus dan kasus Curanmor 30 kasus.

 

Dengan demikian Dapat disimpulkan pada tahun 2023 terjadi kenaikan kasus pidana umum di wilayah hukum polres Padang Panjang sebesar 42 persen,” papar kapolres.

 

Lanjut pada kasus penyalahgunaan narkotika pada tahun 2023 pihaknya berhasil mengungkap 25 kasus narkoba dengan 39 tersangka dengan jumlah barang bukti Shabu shabu seberat 23,04 gram dan ganja kering seberat 1,5, dengan demikian jumlah ungkap kasus Narkoba sama dengan tahun 2022 yakni 25 kasus tambahnya.

 

Sementara, pada kasus tindak pidana pelanggaran dan pidana lalu-lintas selama tahun 2023 tetcatat 119 kasus kecelakaan atau turun dibandingkan tahun 2022 yang terjadi sebanyak 134 kasus.

 

Pada kasus kecelakaan lalulintas ini di dominasi oleh sepeda motor dengan faktor penyebabnya kebanyakan oleh kelalaian pengendara dan kalau kita lihat dari anatominya itu profesinya pelajar. Begitupun pada kasus pelanggaran lalulintas di dominasi oleh pelajar,” ujar Kapolres.

 

Adapun korban yang meninggal akibat kecelakaan lalu-lintas (Laka Lantas) sebanyak 23 orang, luka berat 2 orang, dan luka ringan 201 orang (termasuk pengemudi dan penumpang),” sambungnya melanjutkan.

 

Saat ini ada dua operasi terpusat yang sedang berlangsung yaitu operasi mantap brata terkait pengamanan Pemilu dan operasi lilin terkait pengaman Natal dan Tahun Baru (Nataru),” pungkas Kapolres.

 

Dalam Konpers ini Kapolres turut didampingi Kabag Ops Kompol. P. Simamora, Kasat Reskrim Iptu Evi Hendri Susanto, Kasat Narkoba AKP Yaddy Purnama, Kasat Intelkam AKP Agusma Hendri, Kasat Lantas Iptu Afrizal Sahar, Kapolsek se jajaran, dan personil bagian Humas.

 

Dalam Konpers ini Kapolres turut didampingi Kabag Ops Kompol. P. Simamora, Kasat Reskrim Iptu Evi Hendri Susanto, Kasat Narkoba AKP Yaddy Purnama, Kasat Intelkam AKP Agusma Hendri, Kasat Lantas Iptu Afrizal Sahar, Kapolsek se jajaran, dan personil bagian Humas.

 

 

 

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.