Press "Enter" to skip to content

Jaga Pemilu Damai, Operasi Mantap Brata perkuat Cooling System polres padang panjang Kedepankan Upaya Preemtif 

Jaga Pemilu Damai, Operasi Mantap Brata perkuat Cooling System polres padang panjang Kedepankan Upaya Preemtif

 

Humas Polres Padang Panjang

Pemilihan umum (pemilu) merupakan salah satu pilar demokrasi yang harus dijaga bersama oleh seluruh komponen bangsa. Pemilu 2024 akan menjadi pemilu serentak yang pertama kali di Indonesia, di mana pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif, dan kepala daerah akan dilaksanakan secara bersamaan. Hal ini tentu menimbulkan tantangan dan potensi konflik yang lebih besar, baik di tingkat nasional maupun lokal.

 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres padang panjang menyiapkan strategi cooling system atau sistem pendinginan untuk meredakan konflik dan polarisasi yang mungkin terjadi selama proses pemilu seperti yang di laksanakan Bhabinkamtibmas Polsek Padang Lanjang Pada Kamis 25/1.

 

Cooling system adalah upaya untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, sehingga kamtibmas terjaga dan terkendali.

 

Beberapa langkah yang dilakukan oleh satgas Preemtif Operasi mantap brata Polres padang panjang dalam cooling system antara lain dengan Melakukan sambang silaturahmi dan koordinasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, lurah dan wali nagari , untuk membangun komunikasi yang baik dan saling percaya, serta menyampaikan himbauan untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan antar warga masyarakat2.

 

Selain itu polres padang panjang juga Mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kehadiran Polri di tengah masyarakat, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersinergi dengan program Polisi RW, seperti sosialisasi pemilu, penyebarluasan informasi yang benar, pencegahan hoax dan ujaran kebencian, serta penanganan masalah-masalah sosial.

 

Polres Padang Panjang juga Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait, seperti KPU, Bawaslu, DKPP, TNI, pemerintah daerah, partai politik, media massa, LSM, dan organisasi kemasyarakatan, untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang sejuk aman, dan damai.

 

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.